Tips Cara Merawat Harddisk External Agar Tetap Awet

Dede S. 00.06
Hari ini saya akan membagikan sedikit tips dalam merawat harddisk eksternal agar awet dan tahan lama. Seperti yang kita ketahui harddisk merupakan benda yang sangat vital terutama terhadap benturan keras berbeda dari harddisk bertipe SSD yang kini telah banyak beredar dipasaran.



Tidak bisa dipungkiri memang kebutuhan akan harddisk ekternal semakin penting, karena kita menginginkan sesuatu yang bisa dibawa-bawa apalagi diera tekhnologi yang semakin maju ini. Perkembangan zaman memaksa kita menjadi lebih kreatif dan inovatif. Dilihat dari kemudahannya memang tidak jarang kita melakukan hal-hal yang membahayakan harddisk eksternal kita. Untuk itu tips menjaga harddisk eksternal ini wajib kita ketahui.

1. Jangan Asal Cabut Kabel Penghubung

Sebelum mencabut kabel penghubung harddisk lakukan pencabutan sesuai prosedur dengan melakukan Safely remove hardware terlebih dahulu. Mencabut sembarangan dapat menyebabkan bad sector, karena proses pemutusan listrik secara mendadak bisa menyebabkan gesekan antara piringan harddisk dengan plater yang dapat menyebabkan kerusakan permanen dan memperpendek umur harddisk. Baca juga cara mengatasi bad sector.

2. Maintenance Rutin Harddisk

Harddisk harus selalu diperiksa kesehatannya yakni dengan melakukan scan dari serangan virus - virus yang mungkin menyerang dan melakukan defragmentasi secara berkala untuk menjaga performanya. Antivirus yang bagus menurut saya adalah AVG, meski yang gratis cukup mumpuni untuk memberikan perlindungan maksimal untuk komputer kita. Untuk melakukan defragmentasi bisa memakai tool yang disediakan windows sendiri yang bisa diakses pada properties harddisk tersebut. Lakukan defrag ketika prosentasenya melebihi 10% hal ini untuk menjaga keawetan harddisk itu sendiri karena melakukan defrag secara berlebihan juga bisa memperpendek umur harddisk.

3. Letakan di Posisi yang Stabil

Posisi yang stabil yang dimaksud adalah pada bidang rata yang tak bergoyang-goyang, jadi usahakan menggunakan laptop anda dimeja saat menggunakan harddisk eksternal. Guncangan bisa mengakibatkan gesekan pada piringan harddisk anda.

4. Penataan File yang Bagus

Secara rutin periksalah setiap file yang kita simpan, hapus file - file yang memang tidak kita butuhkan. Atur juga file-file menjadi beragam folder sesuai jenisnya, hal ini dimaksud untuk mengurangi beban kinerja harddisk dalam proses write maupun read selain itu mmempermudah setiap index file.

5. Memberikan Fan Dekat HDD

Untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama pertimbangkan untuk menggunakan fan untuk menjaga suhu harddisk eksternal anda dari panas berlebihan.

Nah, itulah pembahasan mengenai Tips Cara Merawat Harddisk External Agar Tetap Awet yang bisa saya bagikan, dengan perawatan yang benar Insya Allah umur harddisk jadi lebih awet. Untuk menjaga dari hal-hal yang tidak kita duga lakukan backup secara rutin untuk menjaga keamanan data yang kita simpan.

Related Posts

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.